Oleh: Dewi Rukmini, S. Pd. Gr.
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Pascasarjana UHAMKA
Merebaknya Covid-19 di Indonesia yang sudah hampir satu tahun membawa dampak yang cukup banyak dalam setiap aspek kehidupan manusia. Banyak perubahan yang harus dilakukan oleh setiap individu, baik dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari maupun kegiatan pembelajaran disekolah, mau tidak mau semua orang harus beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Kegiatan pendidikan. Sekolah menerapkan metode pembelajaran secara daring atau sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), di mana guru menggunakan media teknologi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Di sinilah guru diharuskan untuk dapat mendesain media pembelajaran secara kreatif dan melakukan berbagai inovasi. Agar pelaksaaan kegiatan pembelajaran daring dapat dilakukan secara maksimal, guru dapat menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia. Pembelajaran dapat dilaksanakan dengan menggunakan WhatsApp, Zoom, Google Meet, Google Classroom, dan yang lainnya.
Arti dan Konsep Semiotika Teknologi
Pada kegiatan komunikasi dan pembelajaran secara virtual ini terdapat juga simbol dan istilah-istilah yang hanya dapat dimengerti oleh anggota yang terlibat didalamnya. Sebagian dari simbol dan istilah tersebut memiliki makna yang berbeda secara harfiah, bahkan ada yang tidak memiliki arti secara harfiah sama sekali jika mengacu pada pemahaman masyarakat pada umumnya.
Kajian yang meneliti mengenai tanda atau simbol dan menghubungkan makna yang terkandung dalam suatu tanda dinamakan dengan semiotika.
Simbol dan istilah pada aplikasi komunikasi virtual sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring. Aplikasi yang digunakan saat pembelajaran daring dimaknai sebagai pemanfaatan teknologi untuk mempermudah menyatukan perbedaan jarak antara guru dengan siswa.
Teknologi juga dapat digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu, sebagai media informasi dan komunikasi antara guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa yang lainnya.
Penggunaan tanda dalam pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom, misalnya terdapat ucapan salam sebagai tanda pembukaan kegiatan pembelajaran. Kemudian diikuti kalimat perintah (imperatif) kalimat yang digunakan dalam memberikan tugas, kalimat yang berisi informasi (deklaratif) kalimat yang digunakan untuk memperjelas tugas yang diberikan, dan kalimat pertanyaan (interogatif) kalimat yang digunakan ketika guru ingin mengetahui pemahaman siswa terkait materi yang diberikan.
Selain itu, terdapat pula simbol-simbol lainnya seperti ikon gambar yang merupakan salah satu tanda untuk memperjelas komunikasi antara guru dan siswa. Dengan itu, kegiatan pembelajaran dapat dengan mudah dilaksanakan secara efektif.
Semiotika teknologi dapat memberikan pembelajaran yang bermutu karena pendidik mampu memberikan pemahaman kepada siswa menggunakan simbol-simbol yang mendukung kegiatan pembelajaran. Jika peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran, maka mereka pun akan mudah mencapai hasil belajar yang ditargetkan sebelumnya.